fbpx

Sesuai yang kita ketahui, Bahasa Inggris sesuai momok yang sangat menakutkan bagi hampir seluruh masyarakat +62 ini. Terlebih lagi bagi Mahasiswa yang sering ngeluh, “Kok belajar Bahasa Inggris dari SD sampai SMA bahkan kuliah tapi belum ada hasilnya? Jangankan disuruh ngomong, taunya aja cuma I love you.”

Waduh. Kalau ini sih namanya bukannya belum bisa lagi, tapi udah kebangetan! Pasti banyak diantara kita atau mungkin kamu juga memiliki pemikiran sesuai itu kan? Apa saja sih penyebabnya? Sistem pengajarannya? Gurunya? Atau memang faktor siswa itu sendiri?

Ketiga pertanyaan diatas pun sering kali kita debatkan. Bukannya mencari solusi, yang ada malah sibuk saling menyalahkan. Nah, di artikel ini saya pengen menjelaskan beberapa faktor dan solusi yang mesti kita lakukan. Tulisan saya ini, berdasarkan hasil pengalaman dan pengamatan saya setelah 12 tahun sekolah dan mengajar.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Inggris

Sebelum kita membahas pada solusi, tentunya faktor penyebab mesti kita pelajari dahulu bukan? Inilah beberapa 3 faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris versi penulis.

Metode pengajaran yang membosankan

Di posisi pertama adalah metode pengajaran. Sesuai yang kita ketahui, hampir kebanyakan siswa menyukai suatu pelajaran kalau gurunya atraktif. Segi atraktif yang dimaksud disini adalah metode atau gaya pengajarannya yang atraktif dan tidak membosankan. Namun faktanya, di beberapa sekolah memiliki metode pengajaran yang bisa saya katakan buruk atau sangat tidak atraktif.

Hanya menjelaskan secara teori dan diberi soal yang teoritis juga. Waduh, gimana mau bisa ngomong Inggris dong? Pastinya kita semua atau mungkin kamu sendiri juga benci dengan metode yang sesuai ini. Kurang aplikatif dan membosankan. Mungkin mereka membutuhkan metode atau materi belajar bahasa inggris dari dasar.

Perlu diingat, tidak semua siswa memiliki tingkat kemampuan dan cara belajar yang serupa antar satu dengan yang lainnya, ya. Dan, kita tidak bisa memaksakan hal itu.

Kurangnya minat siswa

Kata orang, kalau udah suka pasti gampang. Benar atau benar? Agar, kalau mau bisa Bahasa Inggris tentunya siswa juga mesti memiliki minat atau niat buat Belajar Bahasa Inggris dengan lebih kompleks. Dan buat atraktif minat siswa, tentunya dibutuhkan hal unik dan atraktif yang akan membuat mereka curious.

Selain itu, kesadaran mereka tentang pentingnya belajar bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan. Kalaupun mereka tidak suka, mereka masih ada kepengenan dan memiliki motivasi buat belajar bahasa Inggris.

Lingkungan yang tidak mendukung

Kalau meotdenya sudah seru, siswa minatnya sangat menggebu. Eh, ternyata lingkungannya tidak mendukung. Nah, ini juga akan menagar salah satu penghambat.

Contohnya, si A punya kepengenan besar buat bisa ngomong Inggris. Dia belajar Bahasa Inggris di sekolah dan mengajak beberapa temannya buat praktek speaking. Teman-temannya malah bully dia dan mengatakan sok inggris. Gimana mau bisa? Orang mau praktek malah dikatain sok inggris.

Tidak hanya di sekolah, di beberapa platform media sosial pun masih sering ditemukan hal sesuai ini kalau ada statement dengan bahasa Inggris Dasar warga +62. Belum tau aja, julid in English is kinda fun. Xixixi.

Solusi Agar Hasil Belajar Bahasa Inggris Lebih Optimal

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Tentunya, kalau ada masalah pasti ada solusi. Jangan Cuma ngurusin problem aja tapi nggak punya solusi. Malah sukanya nyalahin orang, hehehe.

Nah langsung aja ya, ini beberapa solusi yang mungkin bisa membantu buat mengoptimalkan diri ketika Belajar Bahasa Inggris di sekolah, rumah, maupun di tempat kursus bahasa Inggris.

Metode belajar bahasa Inggris yang seru dan gila

Mungkin, ini dikhususkan bagi pengajar Bahasa Inggris ya. Metode yang gitu – gitu aja kadang membosankan buat sebagian siswa. Yang pinter makin pinter, yang belum bisa makin nggak ngerti.

Nah, mungkin pengajar di sekolah bisa mencoba menggunakan metode otak kanan, atau perbanyak permainan yang memiliki nilai praktek. Materi paham, prakteknya paham. Lulus sekolah udah cas cis cus ngomongnya. Kebanggaan bukan?

Banyak contoh metode pengajaran yang dapat ditonton melalui Youtube, atau bisa cek metode belajar bahasa inggris gila ala kampung pare mataram

Kampoeng Pare Mataram memiliki metode dan cara yang unik serta gila sehingga 10.000 perserta dapat belajar bahasa Inggris dengan cepat meskipun dari dasar.

Siswa menyadari pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Kalau metode belajar bahasa Inggris sudah menyenangkan, siswa akan otomatis memiliki minat buat belajar Bahasa Inggris lebih dalam lagi. Selain itu, sekolah mungkin bisa memberikan arahan atau  seminar tentang pentingnya Belajar Bahasa Inggris buat menunjang karir masa depan mereka. Sehingga siswa pun tahu dan tidak menyia – nyiakan kesempatan belajar mereka.

Partner dan lingkungan praktek

Jika sekolah sudah memberikan kesadaran, pastinya lingkungan sekolah yang kondusif buat praktek Bahasa Inggris buka cuma bualan. Mungkin, bisa diadakan English Area di hari – hari tertentu atau di lokasi – lokasi tertentu. Cara ini juga sangat diperlukan buat kamu yang pengen belajar bahasa inggris secara otodidak.

Bagaimana? Apakah kamu termasuk orang yang mengalami permasalahan sesuai diatas? Tenang, saya sudah siapkan beberapa tips dan trik buat kamu yang merasa butuh belajar bahasa Inggris secara otodidak buat pemula.

Pertama – tama, kamu mesti yakin dan memiliki niat yang sangat tinggi buat mampu menguasai genjutsu ini. Yang kedua, posisikan dirimu senyaman mungkin agar setiap metode yang diberikan dapat masuk dengan sempurna, sesuai lagunya Gita Gutawa xixi. Yang ketiga, jangan lupa siapin air minum biar ga kehausan.

Kalau kamu baca kata pertama ini, saya cukup yakin deh kalau kamu emang beneran pengen banget bisa ngomong Inggris. Belajar bahasa inggris dengan cara cepat pastinya kan?

Mau tau caranya?

Mau aja atau mau banget nih?

Oke, langsung aja scroll ke bawah.

                Eits, masa tanpa babibu langsung mau triknya? Kenalan dulu dong. Dari tadi belum ngenalin diri ya. Tak kenal maka tak sayang. Perkenalkan, nama saya Milea. Jangan protes karena saya sedang memaksakan diri buat menggunakan nama ini, hahaha.

                SAYA BISA NGOMONG INGGRIS

                Bagaimana? Berhasil bukan? Selamat, kamu baru aja bisa ngomong Inggris! Hahaha.

                Aduh, kok kamu langsung kesel? Hehehe bercanda aja tadi ya, itung-itung pemanasan dulu sebelum beneran bisa ngomong Inggris kaya bule.

                “Ayo dong, jangan tipu-tiupu!”

                Waduh, kok Milea merasakan aura aura tidak menyenangkan alias kok pada marah? Huhu, iya nih Milea kasih caranya biar bisa ngomong Inggris.

                Sebelumnya, Milea mau ingetin ya. Guys, belajar bahasa Inggris itu butuh proses dan kesabaran. Gaada yang simsalabim hitungan detik langsung jago. Apalagi buat belajar bahasa yang notabenenya membutuhkan praktik terus-menerus.

                Tapi, tenang aja. Buat kamu yang pengen bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak, nih Milea kasih sekilas tentang cara-caranya. Nanti bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajarmu. Syaratnya cuma satu, kamu mau konsisten buat praktekkin ini. Kalau nggak, ya say bye aja dan pendam jauh-jauh harapanmu buat bisa ngomong Inggris.

                Selama ini, yang kita tahu ada 4 aspek utama bahasa Inggris. Apa saja sih itu? Pertama, ada reading (membaca), kedua writing (menulis), ketiga listening (mendengar), dan yang terakhir speaking (berbicara). Dari keempat aspek itu, kita tetap bisa gunakan buat belajar bahasa inggris buat speaking.

“Gimana caranya? Apa hubungannya dengan reading, writing, atau listening dengan belajar bahasa Inggris? Kan saya pengennya bisa ngomong Inggris?”

Tenang sobat ambyarku, Milea bakal kasih step – stepnya kok. Mohon bersabar dan tetap semangat, okay?

Baik, ini dia langkah – langkah biar bisa ngomong Inggris:

1. Perbanyak perbendaharaan kata

Ini adalah poin utama yang sangat penting. Kalau ga punya perbendaharaan kata gimana? What are you gonna say?

Buat memperbanyak perbendaharaan kata, kamu bisa memulainya dengan membaca kamus sesuai Oxford karena memiliki symbol yang akan membantumu buat mengucapkan setiap kata.

Tapi, jika dirasa membaca kamus adalah hal yang membosankan, kamu bisa menggunakan audio yang ada di Youtube. Kamu hanya perlu menuliskan keyword perbendaharaan kata apa yang pengen kamu pelajari. Cukup mudah bukan?

Ada banyak sekali cara buat mengembangkan perbendaharaan kata ketika kamu belajar bahasa Inggris. Biasanya disesuaikan dengan gaya belajar masing – masing orang, ya.

2. Mulai membuat kalilmat

Kalau kamu sudah merasa cukup mengingat banyak perbendaharaan kata, kamu bisa langsung memulai buat mempelajari kalimat yang sering digunakan dalam dialog belajar bahasa Inggris. Kalau kamu masih belum tau caranya, kamu bisa klik cara membuat kalimat dalam bahasa Inggris dari dasar.

Kamu mesti sering mengulang cara ini berkali – kali agar kamu terbiasa buat membuat kalimat bahkan berbicara Bahasa Inggris. Buat mempermudah kamu, jangan pelajari apapun dulu kecuali 2 jenis kalimat umum dalam Bahasa Inggris. Agar, kamu tidak kesulitan dan lebih mudah ketika belajar bahasa Inggris buat dialog.

Sebetulnya, cara ini juga bisa kamu gunakan sekaligus buat mengingat perbendaharaan kata bahasa inggris. Caranya, cari perbendaharaan kata baru yang belum kamu ketahui kemudian buatlah kalimat dari perbendaharaan kata itu. Selain kamu akan terbiasa buat membuat kalimat, kamu juga sekaligus mengingat perbendaharaan kata itu. Kalau pepatah bilang, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

3. Jangan belajar grammar terlalu dalam

Loh? Grammar kan juga penting di dalam Bahasa Inggris? Benar. Tapi, kalau kamu pengen belajar bahasa Inggris buat dialog, grammar yang terlalu kompleks hanya akan menghambat proses belajar dan praktikmu. Cukup pelajari yang diperlukan buat Speaking Basic, sesuai cara membuat kalimat (Subject + Verb), dan Tenses Simple Present. Lalu materi yang lain bisa kamu pelajari sambilan kamu proses praktik Bahasa Inggrisnya. Kan tujuannya biar kamu bisa ngomong Inggris dulu. Selain itu, jika terlalu banyak teori bisa-bisa kamu malah makin takut buat ngomong. So, pelajari yang memang diperlukan dulu buat tahap awal..

4. Tonton video belajar Bahasa Inggris

Buat kamu yang merasa kesulitan praktik karena gaada partner, kamu bisa gunakan cara ini buat tahap pertama kamu.

Kamu bisa download aplikasi TED, VOA, atau kamu bisa cari video di Youtube. Tapi kalau mau yang ada textbook ada di TED & VOA.

Cari tema atau video sesuai dengan hal yang kamu suka. Ada beberapa tahap yang mungkin kamu bisa ikuti.

Ketiga cara diatas, butuh proses dan kesabaran ya. Kalau kamu terus berlatih, 7 hari cukup kok buat sampai di tahap ketiga.

5. Menonton film berbahasa Inggris

Dari sekian cara belajar bahasa Inggris cara inilah yang paling seru. Kamu bisa memilih film – film favoritmu dan siapkan catatan. Berdasarkan pengalaman penulis, biasanya ketika ada perbendaharaan kata atau idiom (kata gaul) dalam bahasa Inggris pasti auto dicatat di buku khusus.

Belajar bahasa Inggris melalui film dinilai cukup efektif. Karena bahasa dan kata gaulnya pun jauh lebih up to date buat kamu yang pengen keliatan keren.

Ada banyak sekali film buat belajar bahasa inggris yang tidak membosankan, salah satunya adalah film Toy Story. Siapa yang tidak suka dengan film anak – anak ini? Penulis saja nonton sampai serial akhirnya, loh.

6. Mendengarkan lagu barat

Siapa yang tidak tahu Ariana Grande? Justin Bieber? Zay Malik? pasti buat para generasi Gen Z sangat mengenal mereka. Banyak lagu – lagu populer mereka sesuai Stuck With You by Ariana & Justin, Dusk Till Dawn by Zayn dan masih banyak lagu populer lainnya.

Dan tidak sedikit pula yang hafal lirik lagu mereka, loh. Nah, mestinya kamu bisa belajar bahasa Inggris dari lagu – lagu mereka. Selain mengingatkan liriknya, kamu juga bisa belajar translate atau menggunakan beberapa frasanya buat dialogmu

7. Mirror – mirror

Eh? Tips belajar bahasa Inggris kok disuruh ngaca? Hehehe.. bukan itu maksudnya. Mirror – mirror disini dimaksudkan buat kamu yang pengen praktekin Bahasa Inggris tapi nggak punya partner.

Kamu bisa memulainya dengan berbicara terhadap dirimu sendiri di depan cermin. Tapi, jangan nyontek ya. Kuncinya, ga perlu takut salah dan langsung ngomong aja. Kalau kamu takut terus, kapan bisa ngomong cas cis cusnya?

8. Jangan takut dianggap gila

Kebiasaan netizen +62 itu, sukanya nyinyir dan julid. Ada yang ngomong bahasa inggris aja langsung di cap sok enggres. Haduh, gimana mau maju?

Tapi, kalau kamu emang pengen banget bisa Bahasa Inggris. Stop listening to other people words. Kamu ga perlu dengerin apa kata orang. They are not even in your upgrading part, your business is yours. Mereka aja bukan bagian dari perkembangan dirimu, prosesmu ya urusanmu. Pepatahnya biarkan anjing menggonggong kafilah berlalu, hehe.

Agar, terus belajar bahasa Inggris dan never give up!

9. Belajar bahasa Inggris dari aplikasi android / ios

Era digital mestinya semakin mempermudah proses belajarmu. Sekarang, banyak sekali aplikasi digital buat belajar bahasa inggris yang dapat di akses di android maupun ios. Inilah beberapa daftar aplikasi yang cukup worth it dan pernah digunakan oleh penulis.

Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi buat belajar english paling populer yang bisa kamu pelajari, terutama buat kamu yang belajar bahasa Inggris dari nol.

Banyak sekali fitur dan permainan yang bisa kamu gunakan buat meningkatka english skillmu. Ada progress harian yang dapat kamu lihat buat mengecek sejauh mana perkembanganmu selama belajar. Selain itu, aplikasi ini dapat diakses meskipun handphone mu tidak terkoneksi dengan internet.

– Lingodeer

Aplikasi dengan logo rusa ini juga dapat membantumu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. App ini cukup tertata mulai dari materi paling nol sampai dengan tingkat pro. Agar, kamu tidak perlu khawatir jika kesulitan dengan levelnya karena kamua bisa memilih level sesuai dengan kemampuanmu.

Selain itu, app ini menyediakan banyak sekali topik bahasa Inggris dan kamu dapat mempelajari apa yang menagar kesukaanmu.

Hello English

App berikutnya adalah Hello English. Kamu dapat mengakses app ini tanpa menggunakan data internet dan juga tersedia ribuan perbendaharaan kata yang dapat kamu pelajari.

Tidak hanya berisi textbook, app ini juga menyediakan video dan audio buat melatih speaking and listening kamu.

Gimana? Mudah bukan? Sekalian deh Milea kasih cara mudah belajar bahasa Inggris dari YouTube. Ada beberapa channel yang mungkin bisa kamu tonton buat meningkatkan speaking skill kamu.

Inilah channel YouTube buat membantu progress Belajar Bahasa Inggrismu

1. Channel BBC Learning English dari BBC World Service

Buat kamu yang pengen belajar Bahasa Inggris terutama gaya British, channel ini cocok banget deh. Banyak fitur yang bisa kamu pelajari dari channel ini. Mulai dari video materi, audio materi, serta textbook.

Dan kamu dapat mengakses channel ini secara gratis. Selain channel YouTube, BBC juga memiliki akses website dan aplikasi yang berisi podcast dan informasi umum.

2. Channel Voice of America Learning English

Kalau BBC milik British, maka buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris gaya Amerika juga tidak perlu khawatir. Channel ini juga memiliki fitur program yang disesuaikan dengan tingkat kamu. Mulai dari tingkat dasar sampai pro. Dan tentunya, kamu dapat akses gratis. Sama sesuai BBC, VOA pun juga memiliki app yang dapat di akses dari android and ios.

3. Channel Papa English

Ini salah satu channel favorit saya ketika belajar Bahasa Inggris British. Cara penyampaian materinya cukup mudah dan atraktif. Materinya dikemas dengan uniik, dan ada beberapa materi yang menggunakan konsep candaan.

Tapi, Papa English hanya dapat di akses melalui YouTube ya. Selain itu, Papa English juga memberikan materi berupa idiom atau perbendaharaan kata yang sedang hype di British.

Bagaimana? Semoga bermanfaat ya artikel di atas. Selain itu, jangan lupa buat langsung mempraktikkan tips di atas, jangan cuma dibaca aja. Belajar Bahasa Inggris itu membutuhkan kesabaran, keuletan dan kesadaran buat terus mengembangkan dan menambah materi buat menunjang progress english skill kamu.

Nah, sekalian deh Milea cerita pengalaman pas belajar Bahasa Inggris dulu. Milea dulu benci banget sama Bahasa Inggris karena beberapa alasan sesuai di atas. Metode pembelajarannya sangat membosankan. Tapi, saya sering banget nonton film barat dan belajar dari film. Dan itu cukup efektif sampai akhirnya saya memutuskan buat belajar bahasa inggris di CEC Kampoeng Pare Mataram.

                Buat kamu yang mungkin pengen bisa ngomong Inggris dan ada partnernya. Nih, Milea kasih informasi tambahan. Langsung scroll ke bawah ya.

                Hai, terimakasih sudah mengikuti isi artikel ini. Agar, Milea punya program yang dikhususkan buat kamu yang pengen banget bisa ngomong Inggris. Nama programnya adalah “Program Camp, 3 Bulan Bisa Ngomong Inggris” dari LKP CEC Kampoeng Pare Mataram.

                Udah tau belum kalau di Lombok, tepatnya di Mataram ada Kampoeng Inggrisnya loh. CEC sendiri sudah dipercaya oleh masyarakat NTB sejak 10 tahun lalu dan telah meluluskan lebih dari 10.000 peserta dari kelas offline maupun online.

                Program 3 Bulan Bisa Ngomong Inggris bersama CEC Kampoeng Pare Mataram, difokuskan buat para peserta yang pengen bekerja di pariwisata maupun yang pengen masuk di akademi kepolisian. Program ini cocok buat kamu yang masih nol atau ga punya basic sama sekali di Bahasa Inggis. Selain Bahasa Inggris, kami juga memiliki ekstrakulikuler yang bisa membantumu buat mengembangkan diri menagar lebih baik lagi, sesuai Therapy Hypnosis, pelatihan psikotes, photorapher & videographer, dan masih banyak lagi.

                Selain itu, kami juga menyediakan asrama gratis, English Area 24 jam, serta garansi mengulang buat kamu yang gaada perubahan sama sekali selama belajar bersama CEC Kampoeng Pare Mataram.

Selain itu, kami juga telah memiliki izin resmi dari Dinas Ketenagakerjaan dan Pendidikan, loh. Sehingga sertifikat dari CEC itu legal dan bisa kamu gunakan buat apply job, maupun beasiswa.

                Selain program 3 Bulan Bisa Ngomong Inggris, kami juga menyediakan program buat kamu yang pengen bisa dapetin beasiswa. Program ini adalah Program TOEFL selama 1 bulan. Namun, program ini dikhususkan buat kamu yang sudah memiliki dasar bahasa Inggris, ya.

                CEC Kampoeng Pare Mataram menagar salah satu tempat kursus paling populer dan di rekomendasikan oleh beberapa dosen dan guru yang ada di Nusa Tenggara Barat. Dengan harga yang sesuai dengan fasilitas juga mendukung kemampuan dan peningkatan hasil yang maksimal. Selain itu, CEC Kampoeng Pare Mataram juga memiliki pengajar bule yang tentunya belajar bahasa Inggris langsung dengan penutus asli dari Inggris.

                Buat kamu yang punya pengalaman Belajar Bahasa Inggris yang unik, menyedihkan maupun unforgetable bisa tulis di kolom komentar di bawah ini, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *